Jumat, 22 Agustus 2014

Makanan yang Baik buat Kucing dan Pemilik

Setelah Tabby dan Princess enjoy di rumah baru nya, saat nya mikir makanan buat mereka. Sesuai dengan judul diatas, makanan kucing harus baik buat kucing dan pemilik nya. So makanan harus bernutrisi dan "bersahabat dengan dompet pemiliknya".... hehehehe...

Makanan kucing saat ini sudah sangat gampang didapatkan. Merk makanan sangat banyak dengan harga bervariasi dari yg murah meriah sampai yang mahal nya minta ampun.

Tetapi sebelum memilih makanan itu sebaiknya harus mengerti dulu nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh kucing.

Makanan kucing harus memiliki kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh kucing, yaitu makanan yang banyak mengandung vitamin dan asam amino. Makanan yang mengandung asam amino taurin contohnya adalah daging. Kekurangan zat taurin dalam jangka waktu panjang, misalnya jika kucing diberi makanan anjing yang mengandung sedikit taurin, dapat mengakibatkan degenerasi retina, kehilangan penglihatan, dan kerusakan jantung. Berabe kan kalo kasi makanan sembarangan. Bukan nya jadi gendut tapi malah ko'it...

Makanan kucing kebanyakan dapat dibeli di toko makanan kucing, toko hewan peliharaan, dan pasar swalayan, yang terdapat dalam bentuk kering (di Amerika Serikat dikenal dengan sebutan "kibble") maupun basah dalam bentuk kalengan. Beberapa produsen menjual makanan mentah yang sudah beku dan produk premiks untuk pemilik yang ingin memberikan makan mentah pada kucing. Jadi ada beberapa jenis makanan. Tetapi kali ini penulis hanya akan membahas satu jenis makanan aja yaitu :

Makanan Kering

Sumber : http://id.m.wikipedia.org/wiki/Makanan_kucing

Makanan kering (mengandung 8-10% air) biasanya dibuat dengan cara ekstrusi daging dengan tekanan dan suhu yang tinggi. Makanan kering dapat ditambahkan bahan lain seperti lemak makanan dengan cara disemprotkan untuk meningkatkan palatabilitas dan rasa.

Makanan kering memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis makanan kucing lainnya. Kelebihan lainnya dari makanan kering ini adalah, makanan ini tidak mudah rusak dan rasanya dapat bertahan selama beberapa hari, walaupun dibiarkan di dalam mangkuk makanan kucing. Namun, makanan kering yang disemprotkan dengan lemak dapat menyebabkan makanan tersebut menjadi tengik dan akan mengalami oksidasi. Makanan kering tidak seperti makanan kaleng yang mudah rusak dalam beberapa jam. Selain itu, beberapa orang berpendapat bahwa makanan kering dapat membantu kucing untuk mencegah deposito tartar.

Merk makanan nya pun bejibun. Kalo ke petshop kita akan dibingungkan dengan beraneka ragam merk yang ada. Tetapi kita sebenarnya dapat lebih dahulu mencari tahu kandungan nutrisi didalam makanan kering itu dan kisaran harga nya sebelum pergi beli makanan. Sehingga ketika sudah sampai kita tidak perlu bingung tinggal sebut merk saja.

Salah satu merk yang di referensikan oleh breeder tempat penulis membeli kucing adalah Me-O Persian. So baik nya kita lihat bagaimana makanan ini :

Me-O Persian

Sumber : http://www.cp-petfood.com/products/me-o-persian

Formula khusus untuk kucing berbulu panjang seperti persia agar sesuai dengan kebutuhan nutrisinya.
Kandungan vitamin dan mineral untuk mencegah kerontokan bulu dan menyelamatkan kucing dari bahaya menelan bulu rontok.

Mengandung asam amino omega 3 dan 6 untuk merangsang kilauan dan kehalusan pada bulu kucing.

Di suplementasi dengan asam amino penting seperti taurin untuk ketajaman penglihatan.

Mengandung fiber alami untuk kesehatan sistem pencernaan yang membantu mengeluarkan hairball (karena menelan bulu) melalui feses.

Diformulasi untuk mengurangi resiko penyakit saluran kencing FLUTD (Feline Lower Urinary Tract Disease)

Bahan – bahan :
Corn, Poultry by Product meal, Stabilized animal fats, Corn gluten meal, Soybean meal, fish meal, vegetable fiber, beet pulp, stabilized fish oil, flax seed, lecithin, palatans, DL – methionine, taurine, antioxidant, choline chloride, vitamins ( Vit A, Vit D, Nicothinic acid, Vit. E, Vit B1, Pantothenic acid, Vit B2, Vit B6, Folic acid, Vit. K, Biotin, Vit. B12, Mineral Monocalcium phospate, Potassium chloride, sodium chloride, ferrous sulfate, zinc sulfate, copper sulfate, manganous oxide, potassium iodide, sodium selenite.

Komposisi nutrisi :
Protein (min) 30%
Lemak (min) 15%
Fiber (max) 9%
Kadar air (max) 10%

Kisaran Harga :
kemasan 1,5kg : Rp.70.000,-

Tapi ada teman juga yang bilang bagus nya dikasi makan merk Royal Canin. Coba kita lihat kalo yang ini gimana.

Setelah googling di inet dengan keywords Royal Canin ternyata... ya ampuuunnn... Ini merk ngeluarin pakan kucing buat macam-macam jenis kucing. Ada pakan untuk kucing Mainecoon, Persia, Anggora de el el.

Tapi karena Tabby dan Princess termasuk dalam jenis Persia maka yang penulis dalami hanya pakan yang untuk kucing Persia :

Royal Canin Persian 30

Sumber : http://www.petshopindonesia.com/royal-canin-adult-persian-30-2kg.html

Royal Canin Persian 30 adalah produk makanan kering yang dirancang khusus untuk kebutuhan kucing Persia, Himalaya, dan Burma. Royal Canin Persian 30 memiliki bentuk khusus buah almond untuk kucing Persia yang dikenal berbulu indah dan memiliki wajah yang lebar. Royal Canin Persian 30 diformulasikan khusus untuk kesehatan kulit, bulu, dan pencernaan.

Mengurangi Hairballs
Kucing Persia rentan terhadap hairballs yang disebabkan oleh banyaknya perawatan bulu yang berlebihan. Royal Canin Persian 30 secara spesifik diformulasikan untuk menjaga dan merawat kesehatan kucing, mengurangi hairballs dengan kandungan serat larut dan tidak larut alami.

Untuk Memperlancar Pencernaan
Kucing Persia memiliki sistem pencernaan yang sensitif. Untuk itu dibutuhkan nutrisi khusus untuk merangsang bakteri yang menguntungkan, dan memblokir bakteri berbahaya dalam saluran pencernaan. Royal Canin Persian 30 diformulasikan secara khusus untuk memperlancar pencernaan kucing Persia yang sensitif.

Melindungi Kulit dan Bulu
Kombinasi dari asam lemak esensial, vitamin dan mineral dapat membantu regenerasi sel kulit lebih cepat. Sedangkan antioksidan dari vitamin dan ekstrak tumbuh-tumbuhan dapat mendukung kesehatan kekebalan tubuh dengan mengurangi dampak radikal bebas pada kulit dan sel-sel rambut. Perpaduan dari asam amino, vitamin B, Omega 6, Omega 3 serta mineral bermanfaat untuk memelihara dan menjaga kemilau kulit dan bulu yang sehat.

Komposisi bahan :
Chicken meal, rice, chicken fat, corn gluten meal, brown rice, natural chicken flavor, wheat gluten, rice hulls, pea fiber, chicory pulp, anchovy oil (source of EPA/DHA), L-lysine, psyllium seed husk, sodium silico aluminate, soya oil, potassium chloride, dried egg product, DL-methionine, fructo-oligosaccharides, calcium carbonate, taurine, salt, dried brewers yeast extract (source of mannan-oligosaccharides), Vitamins [DL-alpha tocopherol (source of vitamin E), inositol, niacin, L-ascorbyl-2-polyphosphate (source of vitamin C), D-calcium pantothenate, biotin, pyridoxine hydrochloride (vitamin B6), riboflavin (vitamin B2), thiamine mononitrate (vitamin B1), vitamin A acetate, folic acid, vitamin B12 supplement, vitamin D3 supplement], choline chloride, borage oil, potassium citrate, sodium tripolyphosphate, Trace Minerals [zinc proteinate, zinc oxide, ferrous sulfate, manganese proteinate, copper proteinate, copper sulfate, manganous oxide, calcium iodate, sodium selenite], marigold extract (Tagetes erecta L.), rosemary extract, preserved with natural mixed tocopherols (source of vitamin E) and citric acid.

Informasi Nilai Gizi :
Moisture 7%, Protein 33%, Lemak 22%, Omega 6 asam lemak 5,1%, Omega 3 asam lemak 0,9%, EPA + DHA 0,38%, Linoleic acid 4,8%, Asam arakidonat 0,09%, Ash 6%, Pati 20,8%, Crude fibre 5,3%, Dietary fibre 11,2%.

Wooooowww... Lengkap banget yaa... Ya jelas aja lengkap banget soalnya kisaran harga nya :
Kemasan 2kg : Rp.218.000,-
Woooww juga kan harga nya....

So.. Udah tau pilihan penulis kan... Yup.. You are rigth...!!! (Pilihan penulis lho yaaa... Bukan pilihan kucing penulis... hehehehehe...)

17 komentar:

  1. saya pake royal canin persian 30 seperti artikel yang anda bahas di atas, soalnya bulu kucing jadi gak rontok

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Saya jg pakai royal canin dan me-o...:)

    BalasHapus
  4. Saya jg pakai royal canin dan me-o...:)

    BalasHapus
  5. mencret g ya kalau di mix gtu kk aku juga mau pake me-o soalnya pake wizkes bulu y rontok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanan kucing drmh aku mix pake proplan sm meo. Alhamdulillah mereka sehat n baik2 aja. Yg penting adaptasi dlu, kasih dikit2 klo mo ganti atw mix makanan biar tau cocok atw ga makanannya sm kucing qt. Klo kucing pup nya jd menci n bulu2nya rontok berarti makanannya ga cocok

      Hapus
  6. Mksdnya pup.nya manci× apa ya

    BalasHapus
  7. Pengalaman ku dulu saya kasih royal canin kok malah mencret ya..
    Akhirnya aku kembalikan ke makanan asalnya yaitu equibrio kitten.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cb kl lbh dari 3-7hr ttp mencet berarti gk cocok. Dan sebaiknya gunakan yg 🐈 cocok sj.

      Hapus
  8. kalau saya kasix sih royal canin yg hair & Skin..tp bulux mkin tmbah rontok trus agak berjamur..kutuan pula..entah dpt dr mana tu kutu pdhal ngga prnh ada kontak sm kucing lain.

    BalasHapus
  9. Saya si DOBY sama DEBY tak kasih RC sama me'o mix sama makanan basah merk Dr.clauder's yang premium. Alhamdullilah semua nya sehat.yang penting sering di jemur setiap pagi cukup 10/15 menit dan di bebas in biar banyak gerak jadi gk obesitas atau kegemukan krna jika di kurung terus cuma makan tidur makan tidur tar obesitas kan Kasian gemuk tapi tidak sehatπŸ‘πŸΌπŸˆπŸˆπŸ’‹

    BalasHapus
  10. Kucingg dirumahku Pakaii Meo kitten Pengenn ganti ke whiskas takutnya kucingya gak cocok kasian

    BalasHapus
  11. Kl sy cukup equilibrio & meo sj. Maklum sesuaiin dg budget😊.
    Kl mau di mix cb dl dr sdkt, kl kucing doyan & gk mencret berarti cocok. Tp setiap kucing mah beda² sama kyk manusia,tergantung pencernaan mrk masing². So!!! Pintar² sj menyiasati dg memahami karakter mrk 🐈

    BalasHapus
  12. Kalau meo Persian di kasih ke kucing Anggora boleh gak kak ?

    BalasHapus
  13. kucingku saya kasih bolt bulu rontok parah sampai gundul,saya ganti felubet tetap rontok,,saya ganti wiskash kering kdng basah dan meo kering gak rontok

    BalasHapus